Makinuddin

2 02 2008

Sekilas Tokoh Peristiwa Situjuah 15 Januari 1949 

Mayor Makinuddin HS, Sang Wedana   
Dua tahun Indonesia merdeka atau sekitar tahun 1947, Makinuddin mengalami perpindahan tugas. Dia dipercaya memimpin Batalyon Istimewa Galanggang di Payakumbuh. Namun jabatan tersebut tidak bertahan lama di tangannya, karena Ibukota RI di Yogyakarta pada tahun 1948 mulai digempur Agresi Militer II Belanda.

Gempuran serupa juga dirasakan di Bukittingi dan daerah lainnya dalam wilayah Sumatera Tengah.
Karena Agresi Belanda nampak mulai serius, para pejabat militer dan pemerintah langsung ambil ancang-ancang. Mayor Makinuddin yang sedang menjabat sebagai Danyon Istimewa Galanggang, ditunjuk menjadi Komandemen Kepala Perlengkapan Sumatera Tengah pada tahun 1948-1949.   Nah, saat Divisi III mengalami perubahan menjadi Divisi IX Banteng, jabatan Kepala P & P diserahterimakan dari Mayor Makinuddin HS kepada Kapten Chatib Salim. Sedangkan Makinuddin diangkat menjadi Wedana Militer Payakumbuh Selatan.  Ketika menjadi Wedana Militer inilah, Makinuddin dipercaya untuk mempersiapkan rapat penting pejuang pemerintahan dan militer Sumatera Tengah di Lurah Kincia, Situjuah Batua, 15 Januari 1949. Namun apalah daya, tidak lama setelah rapat tersebut ditutup sekiatr pukul 04.30 dini hari, Belanda telah duluan menyerang Situjuah Batua.

Akibatnya, para pahlawan berguguran satu persatu. Mereka yang meninggal pada hari itu diperkirakan mencapai 69 orang. Namun masih bersyukur, Makinuddin HS dapat selamat.  Ketika Agresi Belanda telah usai dan rakyat Indonesia mulai menikmati manisnya gula kemerdekaan, maka pada tahun 1950 sampai 193, Makinuddin diangkat menjabat sebagai Wedana Pembantu Bupati Urusan Pembangunan. Usai memegang amanah tersebut, Makinuddin HS tidak terlalu aktif lagi dalam bidang pembangunan atau pemerintahan. Dia mulai memasuki dunia wiraswasta di Jakarta dari tahun 1954 sampai tutup usia dan dimakamkan di pemakaman Karet, pada tahun 1974. (***)
 
Padang Ekpress


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: