Professor Dr. Ir. Syafrida Manuwoto M.Sc,

8 05 2008

Menjelang memasuki usia pensiun yang tidak berapa lama lagi, ada baiknya kita memperkenalkan padusi Minang yang bergelut didunia ilmu pertanian khususnya dibidang Ilmu Hama Tumbuhan, Departemen Proteksi Tanaman, IPB ini. Beliau adalah Professor Dr. Ir. Syafrida Manuwoto M.Sc, dilahirkan di kota Medan pada tanggal 15 Mei tahun 1944. Ia adalah putri ke 2 dari 7 bersaudara pasangan alm Nukman pensiunan perwira POLRI berpangkat Komisaris Besar Polisi, yang berasal dari kota Padang dengan almh Syamsiah, yang berasal dari kota Padangpanjang.
Dengan pengalamannya yang sedemikian banyaknya, dapatlah membuktikan kiprah padusi minang yang satu ini didunia ilmu pertanian dan pendidikan. Dua kali menjabat sebagai Dekan Sekolah Pasca Sarjana IPB 1998 – 2006), dan sebelum itu Ibu Syafrida menjabat pula selaku Kepala Pusat Kajian Buah Tropika IPB (1996 – 2002), ketika setelah ia mengakhiri dua kali masa jabatannya selaku Dekan Fakultas Pertanian IPB ( 1990 – 1997). Sebelum dipercaya untuk menjadi Dekan Fakultas Pertanian dan Dekan Sekolah Pasca Sarjana IPB, Ibu Syafrida Manuwoto ini memulai karirnya sebagai Dosen pada Fakultas Pertanian IPB semenjak tahun 1971 yang lalu. Kemudian secara berturut-turut ia menduduki posisi sebagai seorang ilmuan dan pendidik di lingkungan Fakultas tempat ia mengajar, yaitu ; Kepala Laboratorium Fisiologi dan Toksikologi Serangga, Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian IPB (1987 – 1993), Pembantu Dekan Bidang Akademik, Fakultas Pertanian IPB (1987 – 1990).
Ibu Syafrida Manuwoto meraih gelar Doctor dibidang Entomology dari University of Wisconsin-Madison, USA pada tahun 1984, setelah sebelumnya ia meraih gelar Master of Science di bidang dan Universitas yang sama pada tahun 1979. Tidak kurang pula pelatihan/penataran serta studi banding yang diikutinya demi memajukan Fakultas Pertanian – IPB, antara lain :
* Balanced Score Card for Higher Education Institution oleh Strategic for Higher Education Development, Jakarta. 31 Oktober – 1 November 2002
* Workshop Proactive and Strategic Higher Education Management for Managing and Developing Academic Department and Program of Study oleh Strategic for Higher Education Development, Jakarta 29-31 Agustus 2002
* Studi Banding Penyelenggaraan Good Governance dan Academic Excellence di Singapura (UNS dan Nanyang University) dan Malaysia (UPM dan UM). Agustus 2000
* Pelatihan Penerapan ISO 9000, Kerjasama UBINUS – IPB. Bogor 10-13 Agustus 1999.
* Studi Banding Desentralisasi Pendidikan dan Otonomi Pendidikan Tinggi di Australia 23 Mei-3 Juni 1999.
* Studi Banding Penyelenggaraan Link and Match dan Pelaksanaan Otonomi Perguruan Tinggi di Beberapa Perguruan Tinggi di Inggris. 1997.
* Manajemen Mutu Terpadu, IPB 16-20 Desember 1996.

Sebagai seorang ilmuwan dan pendidik, pengabdiannya bagi kepentingan nasional, antara lain :
2003-2007 : Anggota Komisi Khusus Dewan Pendidikan Tinggi untuk Evaluasi dan Monitoring Pelaksanaan serta Penrtapan perguruan Tinggi sebagai Badan Hukum Milik Negara
2002 – 2004 : Sekretaris Majelis Wali Amanat IPB
2002 – 2006 : Anggota Senat Akademik IPB
2005 – 2008 : Anggota Dewan Riset Nasional
1999 – 2004 : Anggota Dewan Riset Nasional dan Anggota Inti DRN
1999 – 2000 : Ketua Tim Nasional “Land Grant” DIKTI
1998 – 2006 : – Koordinator The Core University Perogram IPB – The University of Tokyo, Kerjasama DIKTI – JSPS

Mewakili IPB dalam berbabagai kerjasama dengan Institut dan Universitas di luar negeri, antara lain :
– Anggota Komite Program Master pada University of Gottingen, German
– Anggota Eksekutif Officer pada lima Universitas di Asia Tenggara,
– Koordinator Riset Untuk program cor Universitas dibidang Bosience
– Ketua tim persiapan IPB menjadi sebuah autonomous University dengan bekerjasama secara intensif dengan Harvard University.

Sungguhpun lahir dan dibesarkan dirantau, namun kecintaannya terhadap asal kampung halaman tidak dapat ia abaikan begitu saja. Oleh karena itu, Ibu Syafrida tetap menyumbangkan pemikiran bagi kemajuan kampung halaman, sebagaimana yang ditunjukkan dalam suatu seminar dengan menyampaikan pemikirannya mengenai ;
· Profesionalisme Pelaku Ekonomi Minang dan Kesiapan Menghadapi Kompetisi Ekonomi Global, Bogor 26 Mei 2001.
· Upaya Peningkatan Relevansi Upaya Tridharma Perguruan Tinggi (PT) dengan Kegiatan Pembangunan Pertanian Sumatera Barat. Disampaikan dalam Round Table Discussion, Lembaga Gebu Minang, Bogor. Bogor, 6 Mei 2000.

Bagi mahasiswa dilingkungan IPB, khsusnya Fakultas Pertanian, pasti mengenal ibu Syafrida Manuwoto ini. Wanita yang kecil dan mungil, ramah tamah, namun tegas dalam menetapkan keputusan dan kebijakan. Sebagai seorang pendidik ia menginginkan anak didiknya benar-benar menguasai ilmunya. Suatu ilmu yang melakukan penyelidikan terhadap hama tumbuhan dan perlindungan tanaman. Oleh karena itu dalam kapasitasnya sebagai Dosen, Ibu Syafrida mempunyai pengalaman mengasuh mata kuliah:
– Resistensi Tanaman Terhadap Serangga (S2, S3)
– Masalah Khusus: Biokimia Tanaman dan Hubungannya dengan Serangga (S2, S3)
– Entomologi Pertanian (S1)
– Entomologi Umum (S1)
– Teknik Penulisan Ilmiah (S1)
– Hama Penting Tanaman Setahun (S0/D1)
– Dasar-dasar Perlindungan Tanaman (S0/D1)

Disela kegiatan formal dalam jabatan tertentu yang diembannya, Ibu Syafrida saat ini mengasuh mata kuliah:
– Interaksi Tanaman Serangga (S3), Biokimia Serangga (S3), Fisiologi Serangga (S2), Peraturan Perundang-undangan Sistem Karantina (S2)
Secara keseluruhan beliau menjadi Dosen Pembimbing S3, S2 dan S1

Sebagai seorang Guru Besar dibidang Ilmu Hama Tumbuhan, Departemen Proteksi Tanaman, IPB, beliau telah mempublikasi 10 (sepuluh) tahun terakhir, karya dan penulisan, yaitu :
1. Keanekaragaman Hymenoptera Parasitoid pada Struktur Lanskap Pertanian Berbeda Di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cianjur, Jawa Barat. Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika 7 (1): 10-20 (2007). Anggota Penulis.
2. Analisis Spasial Lanskap Pertanian dan Keanekaragaman Hymenoptera di Daerah Aliran Sungai Cianjur. Hayati 13 (4): 137-144 (2006). Anggota Penulis.
3. Fitotoksisitas Rokaglamida dan Ekstrak Ranting Aglaia odorata (Meliacease) terhadap Tanaman Brokoli dan Kedelai. Agrikultura 17 (1): 7-14 (2006). Anggota Penulis.
4. Penghambatan Enkapsulasi Pradewasa Parasitoid Eriborus argentopilosus (Cameron) oleh Larva Crocidalomia pavonania (F) Menggunakan Rokaglamida. Bionatura 8 (1): 24-38 (2006). Anggota Penulis.
5. Respon Fisiologi Crocidolomia pavonana terhadap Fraksi Aktif Callophylum soulattri. Hayati 13 (1): 7-12 (2006). Anggota Penulis.
6. Bioaktivitas Ekstrak Biji Aglaia harmsiana Terhadap Ulat Krop Kubis, Crocidolomia binotalis. Wiyantono, Djoko Prijono dan Syafrida Manuwoto, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. Vol. 10(1) 2001.
7. Pengendalian Hama Ramah Lingkungan dan Ekonomis. Seminar Peranan Entomologi Dalam Pengendalian Hama Ramah Lingkungan dan Ekonomi Perhimpunan Entomologi Indonesia 16 Februari 1999.
8. Kajian Lini Dasar Usahatani Sayuran di Desa Sukatani dan Sindanglaya, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Sebagai Dasar Pengembangan Pengendalian Hama Terpadu. Bul HPT 10 (2):0-00(199 8)
9. Pengaruh Ekstrak Biji Aglaia harmsiana Perkins Terhadap Interaksi antara Larva Crocidolomia binotalis Zeller (Lepidoftera:Pyralidae) dan Parasitoidnya, Eriborus argenteopilosus (Hyminoptera) – anggota penulis Bul HPT 10(1):38-97 (1998).

Lain-lain
Sungguh banyak aktivitas akademis yang dilakukannya baik sebagai pembawa makalah Dalam Berbagai Kegiatan Ilmiah, maupun sebagai penyelenggara didalam dan diluar negeri yang tidak dapat kita sebutkan satu persatu, mengingat keterbatasan halaman ini. Namun bagi kita dapatlah mengetahui bahwa apa yang tidak pernah kita kitahui selama ini sungguh luar biasa.:

Keanggotaan Dalam Organisasi
* Ilmiah
· Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI)
· Perhimpunan Agronomi Indonesia (Peragi)
· Perhitungan Hortikultura Indonesia (Perhorti)
· EntomologicalSociety of America (ESA)
· American Association for the Advancement of Science (AAAS)
· International Food and Agribusiness Management Association (IAMA)

* Masyarakat
· Anggota HMI 1963 – 1969
· Anggota KAHMI Cabang Bogor
· Anggota Dewan Pakar ICMI Korwil Bogor
· CITRA KARTINI dari Yayasan Citra Prestasi Indonesia. Jakarta 1996.

Ibu Syafrida menikah pada tahun 1971 dengan DR. Ir Manuwoto, M.Sc, dengan jabatan terakhir sebagai Asisten Menteri Koordinator Bidang Ekuin. Bagaikan Asam digunung garam dilaut bertemu di belanga, telah mempertemukan keduanya pasangan ini di kota Bogor. Dari hasil perkawinannya ini, keduanya telah memiliki dua orang anak dan keduanya telah berkeluarga, yaitu ; Nino Manuwoto dan Andri Manuwoto.

Disaat-saat berakhirnya pengabdian yang panjang sebagai seorang dosen hingga sebagai Guru Besar serta jabatan formal yang diemban sebelumnya nya, ternyata statusnya sebagai nenek dan suaminya sebagai kakek saat ini, lebih mengasyikkan baginya, karena dua orang cucunya yang bernama ; Sandy, usia 6 tahun dan Balqis, usia 4 tahun sungguh memberi kebahagian yang luar biasa bagi pasangan ini, setelah pengabdiannya yang panjang serta hari-harinya yang terfokus pada peningkatan kualitas pertanian yang tahan hama melalui Institut Pertanian Bogor.
Dirumahnya yang asri yang terletak di : Jalan Cendana 2, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680, sangat nyaman dan damai mereka menikmati kebahagian itu bersama keluarga besarnya.
Tlp : 0251-421786


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: